CATATAN NGAWUR

Berandai-andai Tentang Pemilu 2014

8 Apr 2014 - 12:06 WIB

35e3e6be5ee166d72f3473e00c8d7871_kampanye-karel-anderson

Salam Super… (Tiba-tiba Gw kesurupan Mario Teguh waktu posting ini)

Besok (9 April 2014) Rakyat Indonesia akan melakukan pesta demokrasi 5 tahunan yang ber-azas LUBER. Bukan luber airnya, tapi Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia. Meskipun jaman sekarang banyak pada kenyataanya berubah jadi Langsung, Umum, Bebas dan Emberrrrr… Gimana nggak ember, wong abis nyoblos malah di woro-woro ama orang sekampung, dia abis nyoblos apa :)) Itu ember banget kan cynnnnn…..?? #eh

Gw amat-amati dengan tidak seksama, untuk Pemilu tahun 2014 ini kok gregetnya kurang ya? Entah karena masyarakat sudah tidak percaya sama partai lagi, jadi bodo amat sapa yang jadi caleg atau bisa jadi masyarakat lebih nunggu untuk Pemilu Presiden bulan Juni nanti? Soalnya seru nih, Tahun ini kita bakal punya Presiden baru lho… yang artinya kita punya peluang side job, yaitu jualan foto Presiden dan Wakil Presiden yang baru. Kan kelas-kelas, kantor, dan perusahaan-perusahaan yang biasa masang foto presiden bakal nyari tuh :)

Nah… melihat kurang gregetnya masyarakat ikutan nyoblos di Pemilu 2014 yang diadakan besok, kok gw jadi berandai-andai tentang Pemilu 2014 ya? “Berandai-andai apa’an, Rel?” Jiah nanya-nanya!! Sok akrab lu! Sabar napa, wolessss… *sok gaol*

Gw itu kok berandai-andai seperti ini ya…

Andai di Pemilu 2014 itu ya, istilah TPS (Tempat Pemungutan Suara) diubah! Soalnya itu ambigu mannn… Banyak yang berpikiran juga, TPS itu Tempat Pembuangan Sampah. Ngapain coba, nyoblos-nyoblos sampah? Meskipun yang kita coblos kadang kenyataannya adalah sampah masyarakat. #ups trus harusnya diganti apa? Ya diganti istilah yang lebih gaul gitu kan bisa… apa gitu kek, TAGN (Tempat Anak Gaul Nyoblos), YKN (Yuk Kita Nyoblos), dan lainnya… jadi kesannya kita pergi ke tempat paling gaul gitu loh… so cabe-cabean dan terong-terongan pun semangat buat ikutan nyoblos…

Andai di Pemilu 2014 itu ada penyemangat lebih! Orang juga males kali, disuruh datang ke TPS cuma buat nyoblos trus pulang. Basiiii… harusnya tiap orang yang nyoblos dikasih sesuatu yang lain, jangan cuma dikasih tinta ungu di jari. Misal nih, pulang nyoblos dikasih susu atau bubur kacang ijo ama snack-snack gitu. Jangan mau kalah ama posyandu yang ngasih balita yang habis timbang badan, atau PMI yang ngasih orang abis donor darah. Atau kalau mau nembak biar blogger-blogger semangat nyoblos ke TPS, kasih dah paket goodie bag dari KPU buat yang hadir nyoblos ke TPS. Kalo panitia Pemilu melakukan ini, mungkin akan mengurangi praktek serangan fajar dari partai-partai yang jelas-jelas ngasih penyemangat lebih ke orang-orang buat nyoblos. Walaupun sekedar 25 - 50 ribu doang. Ayo KPU, jangan mau kalah! Kalau perlu KPU menempatkan tim alay-alay bayaran untuk memenuhi TPS. Biar lebih semangat dan heboh para pencoblosnya. Jadi setiap orang yang mau nyoblos, begitu masuk bilik langsung deh dikasih yel-yel “Lala..yeye..yeye… Lala..yeye..yeye..” jadi yang nyoblos akan merasa bersemangat.

Andai di Pemilu 2014 itu full Entertainment! Kalau kampanye, wah jangan ditanya hiburannya… mulai dangdut sampai topeng monyet pasti ada untuk menghibur masyarakat, makanya gak heran orang berduyun-duyun datang ke lokasi kampanye. Yah meskipun ada yang motifnya lagi-lagi karena 25 - 50 ribu doang. Tapi harusnya mendekati waktu pencoblosan, jangan malah dibuat minggu tenang dong… harus lebih heboh!! Kalo dibuat minggu tenang jatuhnya anti klimaks. Harusnya setiap TPS malah disuruh berlomba-lomba menarik massa untuk mau nyoblos di TPS nya. Buat poster, spanduk, baliho, jangan lupa ngajak buzzer-buzzer buat ngetwit di Facebook, ngepath di Instagram ngasih tahu kalo di TPS nanti akan dimeriahkan artis-artis top ibunya siapa gitu. (Kalo artis top ibu kota masih mainstream) Kalau perlu di masing-masing TPS, caleg-caleg itu suruh open mic. Biar terhibur…! Kalaupun kalah, calegnya juga nggak stress dan masuk rumah sakit jiwa.

Andai di Pemilu 2014 foto-foto calegnya nggak monoton! Foto-foto caleg di kertas suara Pemilu itu dari tahun di saat tulang ayam keras nggak bisa dimakan sampai tulang ayam bisa dimakan gara-gara di presto, selalu aja gitu-gitu aja. Orangnya gak kita kenal karena ganti-ganti, tapi pose fotonya selalu standard. Kaku!! Cuma hadap kanan atau kiri, senyum muntub-muntub alias greget mingkem, trus yang cowok pakai jas yang cewek rambutnya pakai konde 4 kg atau kalo enggak sasak tinggi bak patung pancoran kayak nunjuk monas. Itu jadul mennnnn…. kuno!! Harus masa kini dan kekini-kinian dong!! Harusnya foto-fotonya se-kreatif dan atraktif mungkin! Misal manyun-mayunin bibir sambil naruh telunjuk di depannya, senyum 3 jari kek, atau apa gitu… atau kalo enggak kayak 11 pose yang gw peragakan di sini! Jangan monoton gitu-gitu aja, jadi males yang mau nyoblos.

Andai di Pemilu 2014 itu liburnya lebih dari 1 hari! Pemerintah sebenernya sudah baik banget, ngasih libur bersama buat tanggal nyoblos di tanggal 9 April 2014 ini, cuma ya namanya berandai-andai nih ya… andai-andai lho ya… andai liburnya lebih dari 1 hari, pasti lebih semangat buat nyoblos deh :) soalnya kalo 1 hari, mau pulang kampung agak nanggung pak :) #ngarep iya sih, bisa nyoblos di TPS terdekat dengan menunjukkan identitas diri, tapi kurang gimana gitu pak kalo nyoblos di kampung orang. Bapak aja kalo nyoblos istri orang kan juga agak gimana gitu kan pak? hehehehe… #eh tapi jangan deh pak, dikasih libur sehari aja bukannya nyoblos malah pergi jalan-jalan ke puncak naik delman istimewa ku duduk di muka pak kusir, nanti kalo dikasih libur lebih dari satu hari malah duduk di muka siapa lagi tuh…??

Yah tapi itu semua cuma khayalan gw doang kok… kan katanya segala sesuatu nggak ada yang nggak mungkin. Siapa tahu berawal dari gw berandai-andai, eh malah diwujudkan bener sama KPU. (Kalo sampe diwujudkan bener sama KPU, brarti KPUnya bener-bener ngawur kayak postingan-postingan gw. hehehe….)

Pokoknya gw sebagai rakyat Indonesia cuma berharap, semoga Pemilu 2014 lancar, sukses dan benar-benar menghasilkan wakil rakyat dan Presiden yang bisa buat Indonesia lebih baik.

Ayo semangat buat nyoblos! Ingat! 9 April 2014! Jangan datang 10 April! Sudah bubar soalnya :p *lala…yeye..yeye…


TAGS   Karel Anderson / karel / pemilu 2014 / caleg / catatan ngawur / ngawur /


Comment
  • maschun 3 years ago

    saya pilh yang nyos pokoke, liburnya lebih satu hari

  • Latree 3 years ago

    setuju deh! :D

  • mt 3 years ago

    selamet nyoblos.
    #komensoklurus

  • Rianda Prayoga 3 years ago

    Biasanya setelah nyoblos di kasih tinta di jari..
    Seandainya di kasih tinta untuk di minum oleh penCoblos, pasti makin rame yang Golput..

    JAWAB :
    Itu mah ngracun namanya :))

  • bloggernes 3 years ago

    arena sudah tidak pernah kedengaran slogan \Langsung Umum Bebas Rahasia\ khususnya di tahun 2014, coba dicari partai mana dan/atau siapa calegnya yang pernah bilang atau menyuarakan tentang LUBER, malahan punya istilah/slogan masing2.

    Atau dari KPUnya juga belakangan ini tidak pernah mengeluarkan kalimat Langsung Umum Bebas Rahasia / Jujur dan Adil.
    Yang ada itu \JANGAN GOLPUT\

    Sepertinya karena kedua hal diatas tidak bisa/sudah terlupakan dan supaya biar lebih ngawur lagi, gmn kalau \nyoblos\ besok dilaksanakan secara terbuka, langsung dan bersamaan.

    Maksudnya dengan hitungan satu dua tiga semua orang yang ada di TPS langsung nyoblos secara serentak.
    Jadi pemilihan langsung, jujur, dapat terlaksana.
    iya dong kan ketahuan siapa yang iut nyoblos atau gak, siapa yang ikut tapi gak nyoblos, siapa yang nyoblos-nyoblosin semuanya.

    Berkumpul di Ruang Terbuka, Tangan Kanan pegan Paku, Tangan Kiri pegang Kertas suara.
    satu…..dua…..tigaaaaaa…. jlebbb,ahhhh. coblos dah.
    kemudian, siap gak siap kertas dikumpulkan. :)
    Dan mulai berhitung sambil di iringi mars alay; *lalayeye..yeye

    Salam bloggernes


    JAWAB :
    busettt… terakhirnya tetep lala yeye yang berjaya… :)

  • MIZTIA.BLOGDETIK.COM 3 years ago

    naik delman istimewa ku duduk di muka pak kusir (?)

    Setuju deh sama khayalan tentang YKN terus pemilih yang dapat godie bag.. ditambah nasi kotak, sertifikat gitu

    sayangnya aku yang juga ikut bagi-bagi undangan justru gak dapat undangan -_-

    JAWAB :
    wah brarti gw cuma bisa bilang : Kasian deh loeeee… :)

    .

  • Didik Jatmiko 3 years ago

    Idenya keren dan kreatif…. mantab #NgeblogPemilu2014

    JAWAB :
    Oh ya?? *sok kaget

  • rizkylendes 3 years ago

    hahaha…. atau tidak habis nyoblos para pemilih di kasih hadia berupa T-shirt+Sertifikat dari para caleg dan KPU…. :)

    JAWAB :
    nahhhhh…. ide yang ngawur juga nih :))

  • Melly Feyadin 3 years ago

    Eh, tapi kayaknya yg posting blog ini malah golput deh, kasian..
    bergerilya kampanye nyoblos, tapi dianya sendiri golput, kasian kasian..hahaha

    eh tp doa kita sama mas, semoga pemilu tahun ini bisa merubah Indonesia jadi lebih baik, ganti presiden gpp, yang penting presidennya gak ember ciinn, gak suka nyinyir sama capres lain :D

    JAWAB :
    golput karena partai gw nggak ada di surat suara besok :( *pura-pura melas binti sedih*

Author

Recent Post

Recent Comments

Archive