CATATAN NGAWUR

Tanda-tanda Orang Terlalu Kecanduan SocMed

8 Nov 2013 - 17:20 WIB

588980e3b92a4c1a9e6d61be45e63a1c_tanda-tanda-kecanduan-social-media

Katanya, jaman sekarang itu era 2.0 era social media. Era dimana kita bisa terhubung dengan orang lain tanpa memikirkan lagi jarak! (Tapi memikirkan pulsa dan kuota internet)

Dampak adanya social media ini bisa terasa banget. Angka pertumbuhan acara-acara reuni jadi banyak banget, mulai dari reuni SD, SMP, SMA, Kuliah sampai reuni temen-temen main kelerang juga ada kali. Soalnya tidak jarang, lewat social media kita ketemu lagi ama teman-teman lama. Bukan cuma itu, perusahaan-perusahaan juga banyak yan menambah pekerja baru. Buat di posisi apa? Posisi dimana loe disuruh ngurusin social media perusahaan dan loe dibayar jutaan rupiah buat itu.

Masih banyak banget dampak berkembangnya social media, tapi tahu nggak sih loe kalo banyak juga orang yang sampai kecanduan social media? Mau tahu tanda-tandanya? Nih gw kasih tahu, menurut terawangan gw setelah melakukan riset selama 3 tahun. eh salah! 3 menit :D

Tanda-tanda Orang Terlalu Kecanduan SocMed, adalah :

1. Bangun Tidur Ku terus Update

kita awali dari saat orang bangun tidur. Bangun tidur, yang loe cari adalah gadget dan buka akun social media. Bukannya cuci muka atau langsung mandi. Udah gitu dengan mata kriyib-kriyib, cuma bela-belain ngecek ada yang mention di twitter apa nggak, ada yang coment di status facebook apa nggak, ada yg like foto instagram apa nggak, dsb. Kalo loe selalu kayak gini, bisa jadi loe mulai kecanduan social media. Kalo loe udah punya suami ataupun istri, jangan sampai kayak gini ya!! Mosok ya bangun tidur, loe malah cariiiii….. *ah sudahlah

2. Berdoapun Via Social Media

Berdoa itu bercakap-cakap dengan Tuhan. Dimana kita bisa memanjatkan permohonan maupun mengucap syukur ke pada Tuhan yang Maha Esa. Tapi di era social media, kok ya doa loe juga dipanjatkan via socmed? Memang, Tuhan itu maha tahu, tapi ya nggak gitu juga kaleeee!! Paling heran lagi, kenapa di doa loe, pakai acara ganti-ganti nama? namamu joko, namamu surti, namanu bejo ya katakan aja!! Nggak perlu diganti pake BAIM! Kabulkan doa baim ya Allah!! Paling menyedihkan lagi, nama Allah kau ganti dengan sembarangan dibuat lebih imut!! Kabulkan doa a’im ya owohhh!!! Tidakkkkkkkk!!! JANGAN KAU LAKUKAN ITU!!

3. Foto Dulu Sebelum Makan

Kata orang tua gw, kalo mau makan itu berdoa dulu! mengucap syukur kita masih bisa berkecukupan untuk makan di hari ini. Tapi kok bagi pecandu social media, banyak yang berubah? Bukan doa dulu sebelum makan, tapi ritual sebelum makan banyak banget! Nggak cuma doa, tapi foto dulu makanannya, upload di intagram atau twit dulu fotonya, baru deh makan. Segitunya ya? hehehehe… tapi begitu makannya nasi ama kecap, eh kagak diupload! Malihhhh… malihhhh….

4. Pendengaran Menurun 3 Strip

Ini nihhhh… coba amati aja kalo loe pas lagi nongkrong ama temen-temenmu yang lagi main-main social media yang dia punya. Disaat itu coba panggil namanya dengan suara normal. Pasti dia nggak langsung nengok dan rata-rata harus manggil sampai 3 kali baru dia nengok. Itupun karena yang ketiga kalinya manggilnya harus super duper kenceng pake melotot. eh udah gitu yang dipanggil paling dengan datar dan tanpa perasaan berdosa cuma jawab “Apa?” #%(^%$^* Gubrak! entah kenapa ini, asik berselancar di social media apa emang jadi bikin orang lupa suara sekeliling ya? hehehe…

5. Lebih Mudah Dihubungi via Social Media

Ditelpon nggak diangkat, disms nggak dibales tapi begitu di mention eh langsung nyaut dong!? Helloooooo….. adakah temanmu yang seperti ini? kalo ada, brarti tidak diragukan lagi dia kecanduan social media :)

6. Sedih dan Galau Saat Kehilangan Followers

Orang galau karena ditinggal pacar kek, gajian masih lama kek, atau karena cucian celana dalem loe belum kering kek, eh ini orang yang kecanduan social media malah galau karena tau ada yang unfollow dia :) sampai parahnya lagi kalo demi nggak mau kehilangan jumlah followers, dia bela-belain beli followers… kehilangan kasih sayang pacar nggak sedih, diunfollow kok malah sedih :D *kecuali yang unfollow adalah pacar loe, boleh deh loe sedih dan galau :D

Jadi apakah dari 6 tanda-tanda diatas, ada yang loe banget? Kalo iya brartiiiiii….. :D

Asyik main social media sih boleh-boleh aja, tapi harus tahu waktu ya!! Ketika kita lagi nongkrong ama temen, ngobrol ama keluarga, main ama anak, dll adalah waktu yang paling asyik untuk bersosialisasi secara langsung, jangan pakai waktu disaat seperti itu untuk asyik sendiri bermain social media.

Wise while online, think before posting! :D


TAGS   catatan ngawur / social media /


Comment
  • rizkylendes 3 years ago

    4 dan 6 masuk kategori aneh tuh…..

  • rizkylendes 3 years ago

    3 dan 6 masuk kategori aneh tuh…..

  • @mbak_widha 3 years ago

    perlu praktek gak ya, biar kayak orang kecanduan gitu….

    JAWAB :
    hahahha… asal jangan kebablasan ya prakteknya :D

  • cheV3 3 years ago

    izin share bang. . . tqiuu

    JAWAB :
    silakan.. jangankan share, copy paste aja gw persilakan :D
    hahahhaha…

  • Joko S 3 years ago

    berarti gw belum masuk kategori kecanduan….. alhamdulillah hehehe….

    JAWAB :
    syukurlah… :D

  • kitaberbagi 3 years ago

    ha ha ha.. sampai ngakak bacanya..

    JAWAB :
    awas! jangan sampai masuk angin tuh gigi :D

  • nia 3 years ago

    Nggak ikutan, ndak punya account sosmed.

    JAWAB :
    lha tapi punya blog? :D

  • Ari Es 3 years ago

    Huahahahaha..
    itu ciri2nya Karel banget yuaaaa?? wkwkwkwwk…..

    #Ngumpet :-D

    JAWAB :
    sompretttttttt!!!

  • Pencari makna kehidupan 3 years ago

    sosmed membuat org yg jauh trasa dekat dan org dekat trlihat jauh,,udah kebolak balik dunia ini

    JAWAB :
    ya begitulah si socmed. btw kenal deket ama socmed nggak? salam dong :D

  • Maria Sitinjak 3 years ago

    Baru kali ini Karel enggak ngawur :P

    JAWAB :
    wong namanya juga ngawur. kadang bener-kadang salah :D

  • luvjoy 3 years ago

    amacaciiiiiih? riset cuma 3 menit? aahh ini fengalaman fribadi kayaknya seeeh…

    JAWAB :
    dengan fenuh ferasaan faling dalam, saya katakan bahwa anda, benarrrrr!!! :))))))

  • dewahades 3 years ago

    jin copas bang…
    link tetep ane cantumin

    JAWAB :
    Sebagai orang yang baik hati, maka saya persilakan… :D

Author

Recent Post

Recent Comments

Archive