CATATAN NGAWUR

Rumus Kreatif di Social Media

6 Sep 2013 - 15:57 WIB

856ff8fb73869bed6070e5a052c4ff10_kreatif-social-media

Banyak orang yang memanfaatkan social media sebagai alat untuk mempromosikan usaha, mempopulerkan diri, personal branding sampai ada juga yang ngarep dapet jodoh lewat social media. Tapi sebagian orang yang berhasil mewujudkan tujuannya itu bukan karena kebetulan semata. Kalo kita kurang kerjaan menelusurinya, mereka berhasil karena mereka kreatif dalam memanfaatkan social medianya.

Kita bisa lihat dibalik suksesnya kripik yang (cuma) dipedesin berlevel-level yang inisialnya MAICIH. Dia memanfaatkan twitter untuk berdagang, memanfaatkan twitter untuk selalu update lokasi dimana kita mendapatkan kripik itu. Kita Bisa lihat juga Eka Gustiwana seorang speech composing yang gara-gara social media seperti youtube bisa mempopulerkan namanya. Dia bisa memanfaatkan apa yang rame di ranah social media. Ketika banyak orang heboh dengan Arya Wiguna dan Eyang Subur, dia membuat sebuah video kocak yang menjadikan ucapan-ucapan sumpah serapah jerapah dari Arya untuk Eyang yang katanya Subur menjadi sebuah lagu yang super kocak. Dan ketika karya nya di upload di youtube, seketika mendapat view dan tanggapan luar biasa. Lanjut deh, seorang Eka Gustiwana jadi ikutan tenar dan masuk TV (untung TVnya cukup dimasukin). Tambah tenar lagi setelah dia buat lagi speech composing BBM Campuran by Jeremy Teti.

Nah kalo loe mau ikutan kreatif kayak mereka juga, sebenernya bisa juga lho… Gw punya rumusnya malah. Rumus yang nggak begitu pusing seperti pelajaran Matematika. Rumus yang gak begitu ruwet, dibanding hubungan loe dan gebetan loe. #eaaaaaa…….

Rumus kreatif di social media itu sebenernya ya huruf-huruf yang ada di kata kreatif itu sendiri :

K = Kenali Social Media yang ada dan lagi Hits

Sebelum loe melakukan sesuatu yang kreatif di social media, yang pertama loe lakukan adalah kenali dulu social medianya. Kenalan dulu lahhh… kan tak kenal maka tak sayang, tak kenal maka ta’aruf. Kalo loe mau jadian ama cowok atau cewek kan juga harus kenalan dulu tho? Mosok nggak kenal, nggak a,b,c dulu, langsung jadian aja? hahaha… apa yang kira-kira bisa loe lakukan di social media itu? seperti apa karakternya? Trus social media yang lagi hits digunakan orang juga apa aja? Misal loe udah pakai twitter, ya pasti loe juga harus tau karakter followers loe itu seperti apa? Pokoknya loe harus kenal mendalam dulu deh… jangan asal gubrak-gubruk!

R = Resah

Ya! Rumus kedua adalah RESAH! Ini nggak becanda! Liat aja muka gw! Serius kan? Udah kayak orang kebelet cari toilet, tapi toiletnya penuh! Semua kesuksesan itu kadang berawal dari keresahan lho. Buat loe yang suka ngeblog deh contohnya! Awalnya pasti apa yang loe tulis di blog berawal dari sebuah keresahan yang ada di pikiran loe. (Apalagi yang hobi nulis di diary) Pencipta lampu aja pasti menciptakan lampu karena dia resah, bagaimana ya biar disini bisa terang kalo malam? Coba kalo terang, pasti bisa bla..bla..bla… Akhirnya jadilah lampu. Tapi btw penemu lampu sapa sih? Bukan philips kan? (Kalo penemu hatiku sih gw tau… hahahahhaha…) Jadi kalo loe mau buat apa di social media, cari dulu keresahan loe disitu!! Pasti ada sesuatu yang berawal dari keresahan loe itu, yang akan menjadi pengantar kesuksesanmu di socmed.

E = Enjoy!

Loe harus merasakan dan menikmati sendiri social media yang akan loe bidik! Loe harus bisa merasakan asyiknya “main” di social media itu sendiri. Jangan jadikan itu beban, tapi jadikan itu suatu hal untuk bersenang-senang. Meskipun itu untuk bisnis sekalipun. Tapi ingat! Meskipun disuruh enjoy, loe juga harus ingat tempat dan ingat waktu kalo lagi enjoy ama dunia social media. Loe juga harus bisa tegas untuk disconnect sejenak dari social media untuk berinteraksi langsung dengan orang secara nyata. Ntar disebelah loe ada cewek cantik kayak bidadari jatuh dari surga di hadapanku, bukannya loe ajak kenalan, malah cuma bisa ngetwit eaaaa di twitter. Kapan loe bisa ketemu jodohnya!? Tau porsi lah.. jangan kebablasan kayak gambar berikut :

ca0929af39cd47edcbcbf0c95f8d40a5_main-socmed-kelewat-batas

A = Amati!

Amati semua hal yang membuat orang lain bisa berhasil lewat social media! Jangan kalo liat teman bisa sukses bisnis online di Facebook, liat temen jadi buzzer di twitter, banyak yang endorse baju di instagram bukannya malah muji dan belajar dari mereka, tapi dinyinyirin. *hadeuh* Justru kita amati tuh, kenapa mereka bisa, kita nggak? Kalo mereka bisa, brarti kita juga harus bisa dong… kan social media yang mereka pakai, kita juga bisa memakainya? Kita harus amati, oh mungkin cara mereka ngetwit seperti ini, oh mungkin foto-foto yang di share mereka di instagram seperti ini, oh mungkin ini, oh mungkin itu, oh amelia gadis cilik *eh kok malah nyanyi :D *maap

T = Tiru dan Terapkan!

Setelah kita berhasil mengamati, paling gampang itu yang tiru dulu untuk awalnya. Tiru apa yang menurut kita bagus dari mereka yang sudah berhasil! Terapkan aja dulu! Jangan sungkan-sungkan! Ingat! Apapun di dunia ini, pasti ada titik bedanya. pasti itu! Misal kita niru tanda tangan orang, meskipun sama tapi itu hanya sekedar mirip! Pasti ada titik bedanya! Makanya, jangan sungkan niru dulu kalo kita mau belajar jadi seorang yang kreatif di social media. Bukan brarti gw menyarankan loe buat jadi seorang plagiator lho ya! Tiru caranya maksudnya!! Jangan telan mentah-mentah rumus tiru disini! Jangan tiru misalnya : oh di social media banyak yang alay dan narsis, trus loe ikut-ikutan narsis dan alay doangggg… Tiba-tiba loe sering update status di twitter “polbek kakak… cemungudz kakak… mampir kakak… belanja kakak…” *loe pikir ini lagi di ITC?*

I = Inovatif

Nah ini penting banget! Loe harus bisa inovatif di social media! Nggak cukup cuma amati dan tiru kalo loe mau jadi sosok yang kreatif di social media! Loe harus menjadi yang beda di social media. Kalo loe penggemar berat maupun ringan seorang raditya dika, ya loe boleh amati apa yang dia lakukan di social media, boleh tiru caranya berinteraksi di social media, tapi loe harus tetap jadi sosok yang beda dari dia! Loe nggak perlu jadi yang lebih baik dari Raditya Dika, tapi loe harus jadi yang beda! Loe nggak akan bisa jadi Raditya Dika dan Raditya Dika juga nggak akan bisa jadi loe! So harus berbeda! Bukan jadi yang lebih baik!

Ini contoh deh, banyak di social media entah di blog, twitter, facebook yang buat kuis berhadiah. Hadiahnya keren-keren! Uang tunai jutaan rupiah, gadget-gadget canggih dan lain-lain. Kalo blog personal gw ini pengen ngadain kuis juga, mana mungkin bisa jadi yang lebih baik? Untuk jadi yang lebih baik, gw harus siapkan modal yang lebih dari mereka dong? Duit dari mana malihhhh?? Gw harus mikir yang beda! Berinovatif dan sedikit ngawur! Makanya gw buat semacam kuis ngawur dan belakangan gw kasih nama kuis di blog gw, kuis Tok-Tok BLOG!

Kuis yang jujur gw terinspirasi dan mengamati dan sedikit niru kuis Tok-Tok Wow yang pernah ada di TV jaman dulu tapi gw kembangkan untuk kuis di blog. Kalo di tempat lain bisa kasih hadiah-hadiah keren, jangan ngarep bisa ditemukan di kuis Tok-Tok BLOG yang gw adain. Gw ngasihnya hadiah ngawur yang tidak akan pernah ada satupun, kuis mau yang ngeluarin hadiah seperti itu. Mana ada kuis yang mau ngasih hadiah uang recehan dan minyak kayu putih, seperangkat alat pembasmi nyamuk, sembako, handuk dan lain sebagainya? Tapi hadiah itu justru ada di kuis tok-tok BLOG yang gw adain. Dan buktinya? Banyak tuh yang ngarep dan konfirmasi mau dikirim hadiah itu. hahahahhaha… karena BEDA!! Orang senang mendapatkan experience yang berbeda dari yang lainnya.

9dc58eab46552066a2c5da583e485407_hadiah-tok-tok-blog

F = Fokus dan Fantasi

Ini rumus pamungkas kalo loe mau jadi kreatif di socmed. Loe harus fokus menjalankan apa yang lagi loe garap di social media dan lebih dari itu, loe harus berani dengan liar berfantasi dengan apa yang ingin loe lakukan di social media. Jangan takut bermimpi! Jangan takut berfantasi! Jangan takut berkhayal! Wong gratis aja lho dan itu nggak dosa! Kecuali loe berfantasi jorok! Itu baru dosa!

Wujudkan mimpi loe, wujudkan keinginan-keinginan yang pengen loe raih lewat social media kamu! Ingat waktu kecil dulu, kita sering berimajinasi andai kita bisa berkomunikasi dengan orang lewat jam tangan kita, mirip adegan-adegan di power rangers. Tapi sekarang? Buktinya imajinasi itu beneran terwujud dan beneran ada! Yang kita pikir barang itu pasti mahal, tapi ternyata apa? Murah cuiiii!! Mito aja buat tuh.. jam tangan yang modelnya si kang mas Afgan. Tau nggak? hahahahha.. Jadi impian itu pasti bisa terwujud kalo kita mau meraihnya! Seperti gw, saat ini lagi bermimpi ingin menerbitkan sebuah buku karya gw, yaitu BUKU KOSONG! :D

Jadiiii… berani kreatif di Social Media? Coba lakukan!

Ingat! Misi tanpa Visi sama dengan kuli, Visi tanpa misi sama dengan Mimpi! Kalo orang lain bisa, loe pasti juga bisa!!

Dadahhhhh……… *tumben gw nulis (a)gak bener :D *


TAGS   social media / socmed / tips and trik / catatan ngawur / personal branding /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive