CATATAN NGAWUR

Tinggalkan EYD, Kalo Mau Ngeblog!

24 Jan 2011 - 14:22 WIB

talkshow-bareng-raditya-dika

Kemarin, Minggu (23/1/2011) pas di acara puncak perayaan ulang tahun komunitas d’blogger di Gandaria City - Jakarta, berkesempatan buat jadi moderator talkshow dengan nara sumber si kambing jantan Raditya Dika.

Di talkshow yang bahas tentang blog tersebut, ada yang menarik yang perlu gw ingat dan pengen juga gw bagikan di blog ini.

Saat Radit ditanya salah seorang blogger yang hadir saat itu tentang bagaimana seharusnya dengan bahasa yang kita pakai di blog kita? Karena kadang banyak yang bilang kalo nulis di blog itu harus dengan bahasa yang baik dan benar pakai EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) banget lah.

Bareng Raditya Dika di D'bloggeReaction

Kalo kita nulis di blog, kalo kita mau nulis buat buku tinggalkan itu EYD, lupakan itu EYD. Yang penting orang yang baca paham dengan apa yang kita tulis, itu yang dijawab Radit

Setelah aku pikir-pikir bener juga kata cowok yang nggak tinggi-tinggi amat ini! *semoga hinaan ini tidak terbaca Radit :)

Nulis itu harus jadi diri sendiri dan harus jujur apa adanya dan tidak perlu kepikiran macam-macam.

Coba aja bayangkan kalo kita mau menulis dan menceritakan :

Pada suatu hari, gw pergi ke pasar beli terong yang besar, eh sampe rumah, terong gw bersihkan sampai bagian ujungnya, pas enak-enak bersihkan terong gw, eh cewek gw datang nawarin bantuan buat bersihkan terong gw. Jadi girang banget gw, karena terong gw dibersihkan ama cewek gw.

nah kalo kita pake bahasa EYD ?

Pada suatu hari, saya pergi ke pasar membeli terong yang besar, eh sampai rumah, terong saya bersihkan sampai bagian ujungnya, ketika nikmat-nikmatnya membersihkan terong saya, eh pacar saya datang menawarkan bantuan untuk membersihkan terong saya. Jadi senang saya, karena terong saya dibersihkan sama pacar saya?

Nah gimana?

Jadi ngilu kan bacanya? :) eh salah jadi aneh kan bacanya? atau malah kepikiran yang macem-macem? hehehe….

Yah intinya sama seperti yang dibilang ama Radit tadi, kalo kita mau nulis di blog yang penting jujur aja dan apa yang mau disampaikan simple dan dimengerti orang. Apa yang ada di otak, tuangkan aja dalam tulisan dulu tanpa pikirkan EYD dulu. Kalo belum apa-apa sudah dipusingin ama EYD, yang ada kita juga males ngeblog karena kita anggap ngeblog itu berattttt…… dan bikin pusing.

Apapun itu, yang jelas ngeblog itu harus FUN!!

Happy Blogging :)


TAGS   blog / menulis / creative writing / raditya dika / eyd / tips ngeblog /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive